Cara Mudah Menanam Bawang Merah

Berkecimpung dalam usaha budidaya bawang merah bisa dikatakan mudah dan susah, dikatakan mudah jika kita tau metode perawatan dan antisipasi hama tanaman ini, tetapi jika kita tidak tau proses yang seharusnya justru akan mendatangkan petaka. Tidak hanya dalam budidaya bawang merah saja, untuk semua budidaya tanaman apapun harus menggunakan ilmu dasar yang harus dimiliki oleh setiap petani.

 

Dalam proses pembibitannya sendiri ada yang menggunakan bawang merah sendiri yang dijadikan bibit. Yaitu dengan cara menanam bawang merah terlebih dahulu lalu hasil tunas yang tumbuh akan dijadikan bibit. Biasanya satu pohin bawang merah bisa menghasilkan 2-6 uah bawang merah.

 

Proses pembibitan bawang merah selanjutnya yaitu dengan cara menggunakan biji bawang merah. Yang bentuknya bukan lagi seperti bawang merah. Cara ini sudah di anggap sebagai cara yang paling efektif. Karena tidak perlu bekerja dua kali. Tapi tidak jarang petani yang masih menggunakan umbi bawang merah sebagai bibit.

Berikut adalah cara penanaman bawang merah , pada langkah yang pertama ialah proses penyiapan lahan/tanah untuk mennam bawang merah. Kali ini dapatĀ  dilakukan dengan membajak atau juga bisa mencangkul dengan kedalaman sekitar 20-30 cm. lalu taburkan bokasi sehari sebelum ditanami. Dengan takaran 3 ton/ha. Lalu selanjutnya beri dolomit kira kira 0,5 ton/ha dan tambahkan juga pupuk NPK dan SP untuk pemupukan dasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *